PENGERTIAN JASA
Pengertian Jasa Menurut Para Ahli
– Pada kesempatan yang baik ini kami akan mengulas tentang Pengertian
Jasa, Perbedaan Jasa dan Barang, Klasifikasi Barang dan Jasa,
Jenis-jenis Jasa, Sifat-sifat Jasa, Ciri-ciri Jasa, Pengertian Jasa
Profesi dan Contoh Jasa.
Pengertian Jasa
Pengertian
Jasa adalah aktivitas ekonomi yang melibatkan sejumlah interaksi dengan
konsumen atau dengan barang-barang milik, tetapi tidak menghasilkan
transfer kepemilikan.
Pengertian Jasa Menurut Para Ahli
Para ahli telah mendefinisikan Jasa ke dalam berbagai pengertian diantaranya :
Djaslim Saladin (2004:134)
Pengertian
Jasa adalah setiap kegiatan atau manfaat yang ditawarkan oleh suatu
pihak pada pihak lain dan pada dasarnya tidak berwujud, serta tidak
menghasilkan kepemilikan sesuatu.
Ratih Hurriyati (2005:28)
Jasa
adalah seluruh aktivitas ekonomi dengan output selain produk dalam
pengertian fisik, dikonsumsi dan diproduksi pada saat bersamaan,
memberikan nilai tambah dan secara prinsip tidak berwujud (intangible)
bagi pembeli pertamanya.
Adrian Payne
Menurut
Adrian Payne jasa adalah aktivitas ekonomi yang mempunyai sejumlah
elemen (nilai atau manfaat) intangibel yang berkaitan dengannya, yang
melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang
milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.
Perubahan
dalam kondisi bisa saja muncul dan produksi suatu jasa bisa memiliki
atau bisa juga tidak mempunyai kaitan dengan produk fisik.
Christian Gronross
Christian
Gronross mendefinisikan jasa seagai sebuah proses yang terdiri atas
serangkaian aktivitas intangible yang biasanya terjadi pada interaksi
antara pelanggan dan karyawan jasa dan atau sumber daya fisik atau
barang dan atau sistem penyedia jasa, yang disediakan sebagai solusi
atas masalah pelanggan.
Phillip Kotler
Pengertian
jasa menurut Phillip Kotler adalah setiap tindakan atau unjuk kerja
yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip
intangibel dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun.
Produksinya bisa terkait dan bisa juga tidak terikat pada suatu produk
fisik.
Ciri-ciri Jasa
Menurut Andrian Payne, (2001:9) jasa memiliki ciri dan karakteristik khusus yakni :
Tidak berwujud
Ciri
dan karakteristik jasa yang bpertama adalah Tidak berwujud. Sehingga
jasa bersifat abstrak maksudnya jasa tidak dapat dilihat, dirasakan,
dicicipi atau disentuh seperti yang dapat dirasakan dari suatu barang.
Heteregonitas
Jasa
bersifat heterogenitas karena jasa itu berupa suatu unjuk kerja, maka
tidak ada hasil jasa yang sama walaupun dikerjakan oleh satu orang.
Tidak dapat dipisahkan
Jasa
biasanya dihasilkan dan dikonsumsi pada saat yang bersamaan, dengan
partisipasi konsumen dalam proses tersebut. Berarti, konsumen harus
berada di tempat jasa yang dimintanya, sehingga konsumen melihat dan
bahkan ikut ambil bagian dalam proses produksi tersebut.
Tidak tahan lama
Jasa
tidak mungkin disimpan dalam persediaan. Artinya, jasa tidak bisa
disimpan, dijual kembali kepada orang lain, atau dikembalikan kepada
produsen jasa di mana ia membeli jasa sehingga bisa disebut bahwa jasa
memiliki ciri yang tidak tahan lama.
Contoh Jasa
Supaya anda lebih memahami tentang Jasa dan segala bentuk-bentuknya maka simaklah contoh Jasa dibawah ini :
- Jasa Infrastruktur
- Jasa Komunikasi
- Jasa Konsultan Keuangan
- Jasa Perdagangan
- Jasa Kesehatan dan Pendidikan
Demikian
penjelasan tentang Pengertian Jasa Secara Umum dan Menurut Pandangan
Para Ahli serta ciri dan karakteristiknya. Semoga artikel yang kami
sajikan ini dapat memperluas wawasan kita semua.